Teknik dasar bola voli bagi pemula

Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga terfavorit, maka dari itu mengenal teknik dasar bola voli merupakan hal penting. Dapat disimpulkan bahwa jenis olahraga ini masuk ke kategori pertandingan olahraga karena terdiri dan melibatkan dua tim pada setiap pertandingannya.

Teknik dasar bola voli ialah dengan men-servis bola agar melewati bagian net yang berada diantara 2 tim. Untuk mencetak skor, para pemain harus memukul bola hingga menyentuh area lawan dan tidak dapat dijangkau oleh lawan. Setiap tim akan mendapat 1 poin dalam situasi tersebut.

Sejarah Bola Voli

Melihat kilas balik bola voli, pencetus olahraga ini adalah William G. Morgan. Beliau merupakan seorang guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Mulanya beliau terinspirasi dari olahraga bola basket yang lebih awal dikenal masyarakat. Lalu ia sempat bertemu dengan James Naismith yang dikenal sebagai pencetus olahraga basket.

Awalnya bola basket bukanlah olahraga yang ditujukan untuk orang tua. Melihat hal tersebut, Morgan tergerak untuk menyesuaikan kemampuan fisik orang tua dengan gerakan olahraga yang sesuai. Karena semakin tua usia orang tua maka semakin kecil mobilitas serta kekuatan fisik mereka.

Berawal dari keresahan tersebut, terciptalah sebuah permainan baru yang digagas sebagai kombinasi antara bola basket, bulutangkis dan baseball. Pada mulanya olahraga ini diberi nama Mintonette, namun seiring berkembangnya waktu olahraga ini mulai dikenal dan mendapat atensi dari berbagai kalangan usia. Sehingga perubahan nama terjadi dari Mintonette menjadi Volleyball (Bola Voli). Berikut adalah aturan voli dan teknik dasar bola voliĀ 

Teknik Bermain Bola Voli

  1. Servis Bola Voli

Servis dalam bola voli merupakan hal penting dalam permainan voli. Teknik dasar bola voli ini menjadi cara utama untuk memulai permainan dan teknik servis ini mulai berkembang untuk menjadi strategi serangan untuk tim mendapat poin. Servis dapat dilakukan apabila sebuah tim telah mendapat giliran melakukan servis

Pukulan servis ini dilakukan dari luar lapangan dan harus dilakukan secara tepat untuk sampai ke area lawan. Jika rekan tim tidak dapat melakukan servis dengan baik maka tim lawan akan mendapatkan poin dan giliran servis.

Aturan voli dalam melakukan servis adalah kaki harus berada di belakangan garis lapangan dan bola harus dipukul dengan satu tangan hingga melewati net atas yang berada di tengah lapangan. Adapun jenis-jenis servis permainan bola voli adalah: Servis bola atas, servis bola bawah

  1. Passing Dalam Bola Voli

Teknik dasar bola voli pada passing ini mempunyai banyak tujuan. Jika tim kamu menerima pukulan bola dari lawan, maka kamu harus menentukan teknik selanjutnya untuk tetap aktif dalam permainan. Contohnya dengan teknik menerima bola, serangan balik ke lawan dan menangkis bola. Dengan teknik dasar bola voli ini, tim mu akan lebih mudah mengendalikan permainan bola voli, mengatur formasi tim serta bersiap untuk melakukan serangan balik.

Passing Pada Aturan Voli

Beberapa jenis passing sesuai aturan voli adalah passing atas, passing bawah dan smash. Passing atas dapat dilakukan saat bola melambung tinggi dan susah untuk melakukan pukulan langsung sehingga kamu dapat mengumpan bola ke rekan lain yang memiliki posisi lebih baik.

Cara melakukan passing atas adalah dengan kedua tangan yang diarahkan ke rekan tim. Biasanya umpan ini dilakukan dengan pelan sehingga rekan tim dapat melakukan smash pada bola.

Sedangkan passing bawah sangat krusial ketika bola menukik kebawah. Demi meminimalisir kesalahan dan tetap aktif pada permainan, tim dapat melakukan passing bawah kepada yang lain. Cara melakukan passing bawah adalah dengan satu pukulan atau dua tangan. 

Passing bawah satu tangan biasanya dilakukan jika berada dalam situasi sulit atau refleks menerima pukulan dari lawan secara mendadak. Tidak jarang juga pemain sampai perlu jatuh ke lapangan untuk mengambil bola dengan satu pukulan tersebut.

Terakhir smash, yaitu merupakan teknik yang digunakan untuk bermain offensive. Pada umumnya keahlian pada teknik smash dapat mengukur seluruh kualitas tim. Maka dari itu, smash ini memerlukan konsentrasi dan keahlian yang tinggi untuk bisa memberikan poin pada tim.

By iaa75

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *